Hidroponik Solusi Untuk Keterbatasan Lahan di Perkotaan, Ini Manfaatnya

- 15 September 2023, 11:29 WIB
Hidroponik Solusi Keterbatasan Lahan di Perkotaan
Hidroponik Solusi Keterbatasan Lahan di Perkotaan /Rumah.com

SINARJATENG.COM - Minimnya lahan yang ada di daerah perkotaan sudah menjadi rahasia umum bagi kita. Tidak dapat dipungkiri jika penggunaan lahan untuk pembuatan bangunan seperti perkantoran, mall, rumah sakit, rusun sangat membutuhkan banyak lahan.

Baca Juga: Begini Dampak Positif dan Negatif Sayuran Organik!

Hal ini semakin menyebabakan dampak yang signifikan terhadap kurangnya lahan pertanian yang ada. Hal ini tentu membuat tantangan baru bagi masyarakat khususnya di perkotaan. 

Namun, kini ada solusi untuk masalah kurangnya lahan dalam bercocok tanam, yaitu dengan menggunakan metode hidroponik. 

Hidroponik yaitu metode bercocok tanam tanpa menggunakan metode tanah dan sebagai gantinya metode ini menggunakan media air. Tanaman ini ditanam di air yang mengandung nutrisi yang diperlukan.

Beberapa jenis tanaman yang dapat menggunakan metode ini antara lain adalah tomat, selada, brokoli, melon, strowberi, anggur, dan masih banyak lagi lainnya.

Baca Juga: Kenali Manfaat Buah dan Sayuran Organik!

Selain menghemat lahan yang ada ada beberapa keuntungan lain yang kita dapatkan salah satunya yaitu terbebas dari hama tanah. Karena ditanam tanpa menggunakan tanah tanaman hidroponik ini tidak memerlukan banyak pestisida  dan herbisida. 

Nah bagaimana sobat SJ? tertarik untuk mencoba metode ini?***

Editor: Intan Hidayat


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah