Ajarkan Santri Cara Bertanam Hidroponik, Penyuluh Agama: Agar Santri Punya Ketrampilan

- 19 Maret 2021, 21:22 WIB
Penyuluh Agama Islam di Binjai, Sumatera Utara mengadakan kegiatanmenanam tanaman secara hidroponik dengan Santri.
Penyuluh Agama Islam di Binjai, Sumatera Utara mengadakan kegiatanmenanam tanaman secara hidroponik dengan Santri. /Kemenag.go.id

SINARJATENG.COM - Pelatihan menanam tanaman secara hidroponik menjadi cara unik untuk membangun masyarakat dengan bahasa agama. 

Penyuluh Agama Islam di Binjai, Sumatera Utara mengadakan kegiatan tersebut dan telah bekerja sama dengan komunitas Mak Kreatif Kota Binjai. 

Penyuluh Agama Islam Kota Binjai Marliah, juga mengatakan jika santri Pondok Pesantren Darul Ulum Kota Binjai pun dipilih sebagai kelompok binaan. Jumat, 19 Maret 2021.

Baca Juga: JPH Lakukan Kerjasama dengan Lembaga Halal Luar Negeri, Berikut 10 Syarat yang Wajib Diketahui

"Agar para santri memiliki keterampilan di bidang pertanian modern dimana lahan mulai terbatas. Selain mengajari cara menanam hidroponik, kami para penyuluh juga menyerahkan seperangkat media tanam," ungkapnya.

Marliah menyerahkan media tanam berupa instalasi dari pipa, bibit bayam, kangkung, sawi lengkap dengan pupuknya. Dalam melaksanakan kegiatan ini, Marliah memperoleh biaya dari iuran penyuluh dan donatur secara sukarela.

"Kita siapkan media tanam berupa kapas sebagai tempat untuk benih. Benih dimasukkan ke dalam kotak styrofoam dan ditutup selama satu minggu. Bibit yang tumbuh jadi kecambah ini dimasukkan ke dalam media gelas plastik yang diberi lubang di bagian bawah dan sekelilingnya," tambahnya menerangkan.

Baca Juga: Atasi Covid-19, Konjen RI Ajak Walikota Kobe untuk Lakukan Kerja Sama di Bidang Kesehatan

Kecambah yang sudah tumbuh dan diletakkan di plastik ini diposisikan di lubang-lubang media tanam yang terbuat dari pipa. Marliah menambahkan, aliran air di media tersebut harus seimbang, begitu pula dengan cahaya matahari.

Halaman:

Editor: Intan Hidayat


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah