Menag Yaqut Cholil Qoumas Dukung Kelanjutan Program Merdeka Belajar, Ini Alasannya

- 3 Mei 2024, 17:39 WIB
Menag Yaqut Cholil Qoumas mendukung kelanjutan program Merdeka Belajar
Menag Yaqut Cholil Qoumas mendukung kelanjutan program Merdeka Belajar /Kemenag

SINARJATENG.COM - Menag Yaqut Cholil Qoumas mendukung kelanjutan program Merdeka Belajar. Menurutnya, semangat program ini adalah memanusiakan manusia karena memberi ruang pembelajaran sesuai keragaman karakter siswa.

Pesan ini disampaikan bersamaan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang diperingati setiap 2 Mei berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 67 Tahun 1961 tentang Hari-hari Nasional yang Bukan Hari Libur.

2 Mei adalah tanggal lahir tokoh pendidikan Indonesia, Raden Mas Soewardi Soerjaningrat atau yang lebih dikenal Ki Hajar Dewantara. Sosok ini dalam hidupnya terus memperjuangkan hak-hak pendidikan bagi semua kalangan, termasuk anak-anak kaum pribumi saat Indonesia masih di bawah kolonial Belanda.

Baca Juga: Bawaslu Pemalang Buka Pendaftaran Calon Anggota Panwascam di Pemilihan 2024, Cek Syarat dan Cara Daftarnya!

Peringatan Hari Pendidikan Nasional 2024 mengangkat tema, "Bergerak Bersama, Lanjutkan Merdeka Belajar". "Merdeka Belajar berangkat dari semangat memanusiakan manusia. Saya mendukung program ini untuk dilanjutkan," tegas Menag di Jakarta, Kamis (2/5/2024).

Menurut Menag, tugas mencerdaskan kehidupan bangsa menjadi amanah UUD 1945. Karenanya, semangat merdeka belajar sangat penting dan relevan.

"Merdeka Belajar memberi kesempatan yang lebih luas bagi siswa dalam mengeksplorasi minat dan bakat. Mereka dapat memilih jalur pendidikan yang sesuai. Ini diharapkan menumbuhkan semangat belajar dan mengakselerasi kemajuan bangsa," sebut Menag.

"Setiap orang berhak mendapat pendidikan. Sudah seharusnya semua pihak bergerak bersama untuk melanjutkan merdeka belajar yang telah digagas pemerintah," lanjutnya.

Baca Juga: Tebaru! Kode Redeem ML Mobile Legends Hari Ini Jumat 3 Mei 2024, Item Menarik da Banyak Hadiahnya

Halaman:

Editor: Intan Hidayat


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah