Menteri ESDM Sampaikan Prioritas Kebijakan Sektor di Tahun 2021

- 9 Januari 2021, 09:24 WIB
Menteri ESDM sampaikan prioritas kebijakan sektor 2021
Menteri ESDM sampaikan prioritas kebijakan sektor 2021 /ESDM.go.id

SINARJATENG.COM - Punya strategi untuk Kementerian ESDM dalam menjawab tantangan yang dihadapi sektor ESDM di tahun depan,Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif sampaikan beberapa hal.

Upaya tersebut akan segera diselesaikan secara Cepat, Cermat dan Profesional.

Hal itu dijelaskan Arifin saat konferensi pers terkait Capaian Kinerja Sektor ESDM Tahun 2020 dan Rencana Kerja Tahun 2021 di Jakarta, Kamis, 7 Januari 2021.

Baca Juga: Dalam Kegiatan Virtual, Dubes Lutfi Rauf Sapa Mahasiswa Indonesia di Mesir

"Ada beberapa program dan kegiatan yang menjadi prioritas Kementerian ESDM di tahun 2021," jelas Arifin.

Di subsektor mineral dan batubara, Arifin akan mempercepat proses pembangunan smelter, menyusun kebijakan percepatan peningkatan nilai tambah batubara dan pemenuhan kebutuhan domestik, impelementasi Peningkatan Penggunaan Produksi Dalam Negeri (P3DN) dan peningkatan TKDN bidang minerba serta pengawasan dan penilaian reklamasi dan pascatambang berbasing teknologi penginderaan jarak jauh.

Adapun di subsektor ketenagalistrikan dan Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi, pemerintah akan memfokuskan ke pembangunan infrastruktur pembangkit listrik 27.000 Mega Watt (MW), transmisi 19 ribu kms, gardu induk 38 ribu MW dan pengembangan smart grid. "Dari sektor transportasi, kita mendorong pemanfaatan kendaraan bermotor listrik berbasis baterai," ungkap Arifin.

Baca Juga: Jadwal Layanan SIM Keliling di DKI Jakarta Hari ini 9 Januari 2021

Ada pula program konversi pembangkit listrik BBM ke Gas Bumi atau EBT, pembangunan PJU Tenaga Surya sebanyak 22 ribu, revitalisasi PLT EBT, pembangunan PLTS penunjang Kementerian/Lembaga, dan alat penyalur daya listrik sebanyak 43.192 unit.

Halaman:

Editor: Intan Hidayat


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah