4.347 Anak di Kendal Alami Stunting, Sekda Minta Wujudkan Keluarga yang Berkualitas

- 27 April 2021, 13:28 WIB
Sekretaris Daerah Kabupaten Kendal Moh Toha saat membuka acara focus group discussion (FGD) percepatan penurunan Stunting di Kabupaten Kendal di Tirto Arum Baru Kendal, Senin 26 April 2021.
Sekretaris Daerah Kabupaten Kendal Moh Toha saat membuka acara focus group discussion (FGD) percepatan penurunan Stunting di Kabupaten Kendal di Tirto Arum Baru Kendal, Senin 26 April 2021. /Humas Pemkab Kendal

SINARJATENG.COM - Jumlah balita Stunting di Kabupaten Kendal mencapai 4.347 orang, dengan sebaran terdapat di 34 desa dan kelurahan.

Hal itu disampaikan Sekretaris Daerah Kabupaten Kendal Moh Toha saat membuka acara focus group discussion (FGD) percepatan penurunan Stunting di Kabupaten Kendal di Tirto Arum Baru Kendal, Senin 26 April 2021.

Moh Toha menuturkan, untuk mendukung terwujudnya keluarga yang berkualitas, perlu adanya pembinaan program pembangunan keluarga di setiap siklus kehidupan. Mulai dari masa balita, remaja, dewasa, hingga lanjut usia.

Baca Juga: Jelang Kualifikasi Piala Dunia 2022, Marc Anthony Klok Dipanggil Timnas Indonesia

"Karenanya, diperlukan upaya bersama, saling bersinergi antara pemerintah, swasta, dan masyarakat, supaya angka stunting di Kabupaten Kendal dapat diturunkan,” jelas sekda.

Menurutnya, pada masa balita, terutama sejak dalam kandungan hingga usia di bawah dua tahun, proses tumbuh kembang anak menjadi modal awal untuk kesehatan dan kesuksesannya di masa mendatang. Dengan demikian, seorang anak bisa terhindar dari stunting.

Disampaikan, stunting merupakan kondisi gagal tumbuh pada anak balita akibat kekurangan gizi kronis, terutama dalam waktu yang lama ditandai dengan tubuh pendek (kerdil), yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan otak pada anak.

Penderita Stunting umumnya rentan terhadap penyakit, memiliki tingkat kecerdasan di bawah nonnal serta produktivitas rendah.

Baca Juga: Angka Covid-19 di Jateng Kembali Meningkat, Politisi Golkar Imbau Warga untuk Tidak Mudik Lebaran 2021

Halaman:

Editor: Intan Hidayat


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah