DMI Kabupaten Pemalang Imbau Takmir Masjid untuk Patuhi SE Menag Pedoman Penggunaan Pengeras Suara

- 31 Maret 2022, 13:56 WIB
Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kabupaten Pemalang mengimbau takmir masjid untuk mematuhi SE Menag Nomor 5 tahun 2022 tentang Pedoman Penggunaan Pengeras Suara di Masjid dan Mushola.
Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kabupaten Pemalang mengimbau takmir masjid untuk mematuhi SE Menag Nomor 5 tahun 2022 tentang Pedoman Penggunaan Pengeras Suara di Masjid dan Mushola. /Sinar Jateng


SINARJATENG.COM - Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kabupaten Pemalang mengimbau takmir masjid untuk mematuhi SE Menag Nomor 5 tahun 2022 tentang Pedoman Penggunaan Pengeras Suara di Masjid dan Mushola.

Hal itu disampaikan Ketua DMI Kabupaten Pemalang, Slamet Masduki saat pelatihan operasi akustik/volume pada pengeras suara di Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Pemalang, pada Rabu 30 Maret 2022.

Slamet Masduki menyebutkan, Menteri Agama telah mengeluarkan Surat Edaran nomor 05 Tahun 2022 tentang Pedoman Penggunaan Pengeras Suara di masjid dan mushola.

Baca Juga: INFO BEASISWA! PRIMA DMI Buka Pendaftaran Beasiswa Bahasa Asing, Cek Syaratnya

"Salah satu isinya yakni tata cara penggunaan pengeras suara pada bulan suci Ramadhan," katanya.

Dalam surat edaran itu disebutkan bahwa penggunaan pengeras suara di bulan suci Ramadhan baik dalam pelaksanaan shalat tarawih, ceramah atau kajian Ramadhan, dan tadarus Alquran menggunakan pengeras suara dalam.

Dalam SE Pedoman Penggunaan Pengeras Suara tersebut juga menyebutkan bahwa volume pengeras suara sudah diatur sesuai dengan kebutuhan, dan paling besar 100 desibel.

Slamet Masduki, mengatakan meski surat edaran tersebut konteksnya pengaturan namun menurutnya SE tersebut tidak mengikat seperti peraturan perundang-undangan.

Baca Juga: Bangkitkan Semangat Berbagi di Tengah Pandemi, Ini yang Dilakukan Slamet Masduki saat Jumat Berkah

Halaman:

Editor: Intan Hidayat


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah