Mulai 1 Juni! Keberangkatan KA di Wilayah Daop 4 Semarang Alami Perubahan, Berikut Daftarnya

- 11 Mei 2023, 11:15 WIB
Mulai 1 Juni! Keberangkatan KA di Wilayah Daop 4 Semarang Alami Perubahan, Berikut Daftarnya
Mulai 1 Juni! Keberangkatan KA di Wilayah Daop 4 Semarang Alami Perubahan, Berikut Daftarnya /KAI

SINARJATENG.COM - Mulai 1 Juni 2023, waktu perjalanan kereta api di wilayah Daerah Operasi 4 Semarang akan semakin singkat dan sebagian kereta api mengalami perubahan jadwal keberangkatan.

Hal ini karena PT Kereta Api Indonesia (Persero) mulai memberlakukan Grafik Perjalanan KA (Gapeka) 2023 untuk menggantikan Gapeka 2021 yang sebelumnya digunakan oleh KAI.

Grafik Perjalanan Kereta Api atau Gapeka adalah pedoman pengaturan pelaksanaan perjalanan kereta api yang digambarkan dalam bentuk garis yang menunjukkan stasiun, waktu, jarak, kecepatan, dan posisi perjalanan kereta api mulai dari berangkat, berhenti, datang, bersilang, dan penyusulan, yang digambarkan secara grafis untuk pengendalian perjalanan kereta api.

Baca Juga: Puncak Arus Balik Diprediksi Terjadi Pada 30 April-1 Mei 2023, Pemesanan Tiket KAI Capai 40.500

"Salah satu manfaat yang dapat dirasakan pelanggan pada Gapeka 2023 adalah efisiensi waktu perjalanan KA. Terdapat percepatan waktu tempuh perjalanan KA di wilayah Daop 4 Semarang sebanyak total 383 menit per hari. Rincian efisiensinya, 186 menit pada KA Argo, 95 menit pada KA Eksekutif Ekonomi, dan 117 menit pada KA Ekonomi,” kata Manager Humas KAI Daop 4 Semarang Ixfan Hendri Wintoko.

Contoh KA di wilayah Daop 4 Semarang yang mengalami percepatan waktu tempuh perjalanan adalah KA 11 Argo Sindoro relasi Semarang Tawang Bank Jateng - Gambir yang perjalanannya lebih singkat 10 menit, dari sebelumnya 5 jam 20 menit menjadi 5 jam 10 menit.

Ada juga KA 225F Menoreh relasi Semarang Tawang Bank Jateng - Jakarta Kota yang perjalanannya lebih singkat 20 menit, dari sebelumnya 7 jam 15 menit menjadi 6 jam 55 menit.

Pada Gapeka 2023 juga terdapat pertambahan jumlah perjalanan kereta api. Pada KA Penumpang bertambah 7 perjalanan dari 83 KA menjadi 90 KA.

Baca Juga: KAI Daop 4 Semarang Ingatkan Kembali Aturan Bagasi, Berikut Ini Aturannya

Halaman:

Editor: Intan Hidayat


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah