Sejarah Hitam Pemberontakan G30S PKI, Berikut Sejarah Singkatnya

- 30 September 2022, 18:17 WIB
Saksikan film Pengkhianatan G30S PKI hari ini, Jumat, 30 September 2022, di TV One.
Saksikan film Pengkhianatan G30S PKI hari ini, Jumat, 30 September 2022, di TV One. /dok. TV One/

SINARJATENG.COM - Setiap tanggal 30 September masyarakat Indonesia mengenang sebuah peristiwa pemberontakan yang dilakukan oleh Partai Komunis Indonesia (PKI). Pemberontakan tersebut disebut juga dengan G30S PKI.

Selanjutnya sebenarnya apa itu G30S PKI? Bagaimana pemberontakan yang dilakukan PKI yang juga dahulu menjadi partai terbesar di Indonesia.

Berikut sejarah singkat atas peristiwa G30S PKI yang bisa dijadikan sebuah renungan Kita untuk terus bersatu untuk Indonesia.

G30S PKI terjadi pada 30 September 1965 malam hingga 1 Oktober 1965. Gerakan pemberontak tersebut di pimpin oleh DN Aidit.

Baca Juga: Peristiwa Kelam 30 September 1965 atau G30S PKI, Berikut Daftar Jenderal yang Menjadi Korban

Gerakan pemberontakan tersebut merupakan gerakan yang mengincar para perwira tinggi TNI AD Indonesia. Dalam gerakan pemberokan tersebut PKI menculik enam perwira TNI AD.

Keenam perwira yang menjadi korban dari pemberontakan G30S PKI ialah Letnan Jenderal Anumerta Ahmad Yani, Mayor Jenderal Raden Soeprapto, Mayor Jenderal Mas Tirtodarmo Hatyono, Mayor Jenderal Siswondo Parman, Brigadir Jenderal Donald Isaac Panjaitan, dan Brigadir Jenderal Sutoyo Siswohimarjo.

Selain enam perwira tinggi yang menjadi korban G30S PKI ada pula ajudan yang menjadi korban yaitu Letnan Satu Pierre Andreas Tendean sebagai ajudan Menhankam Jenderal Nasution dan ada Brigadir Polisi Satsuit Tubun sebagai pengawal PM.

Baca Juga: Segera Klaim! Kode Redeem ML Hari Ini Jumat 30 September 2022

Halaman:

Editor: Muhammad Ahlan Kalasuba


Tags


Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

PRMN TERKINI

x