Abdul Kholik: Jateng Membutuhkan 3 Poros Pertumbuhan Berbasis Potensi Daerahnya

- 23 Juni 2024, 21:43 WIB
Abdul Kholik: Jateng Membutuhkan 3 Poros Pertumbuhan Berbasis Potensi Daerahnya
Abdul Kholik: Jateng Membutuhkan 3 Poros Pertumbuhan Berbasis Potensi Daerahnya /DPD

SINARJATENG.COM - Senator DPD Abdul Kholik menyatakan bahwa Jateng dengan berbagai masalah yang dihadapi antara lain populasi yang berlebih, pantura yang semakin rusak ekologinya dan sebagainya membutuhkan terobosan untuk mengakselerasi pembangunannya.

Jika stagnan seperti sekarang, maka 30 tahun mendatang baru akan menuju nol kemiskinan dengan catatan tidak bertambah angka kemiskinan baru.

Hal tersebut disampaikan pada kegiatan Sosialisasi dan Seminar Kebangsaan bertema Membaca Tantangan dan Peluang Jawa Tenga 5 Tahun ke Depan yang diselenggarakan di Aula Kantor DPD RI Provinsi Jawa Tengah (13/6)

Baca Juga: Pertanian Jateng Dekati Lampu Merah, Abdul Kholik: Satu Juta Rumah Tangga Usaha Tani Kolaps

"Jateng setidaknya membutuhkan 3 poros atau pusat pertumbuhan berbasis potensi daerahnya, yaitu Jateng Utara dengan Semarang sebagai porosnya, potensi utamanya berupa industri, pertanian dan maritim-kelautan. Jateng Timur dengan Solo sebagai porosnya potensi utamanya berupa industri, pertanian dan pariwisata. Terakhir adalah Jateng Selatan dengan Purwokerto sebagai porosnya, potensi utamanya adalah maritim-kelautan, pertanian dan pariwisata” kata Kholik.

Lebih lanjut, Kholik menyebut bahwa selain pertumbuhan ekonomi setidaknya 3 kawasan, juga diperlukan kesepahaman prioritas Pembangunan antarkawasan, sehingga masing-masing Kab/Kota tidak jalan sendiri-sendiri.

Meskipun sudah ada Musrenbang, namun belum dapat memberikan kesepahaman pembangunan di wilayahnya. Terakhir adalah konektivitas, kolaborasi dan sinergi antarkawasan yang tentu saja ditopang antara lain dengan infratruktur yang cukup.

Baca Juga: Gelar Seminar Nasional Kepemimpinan, Tim Psikologi INSIP Menyapa Balikpapan

Acara dihadiri oleh para aktivis mahasiswa dari PMII Undip, PMII Unnes, PMII Polines dan PMII Unissula. Kegiatan tersebut selain Sosialisasi MPR dan Seminar Kebangsaan, juga sekaligus sebagai media mendengar aspirasi mahasiswa dari berbagai kampus secara langsung.***

Editor: Intan Hidayat


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah