Donal Hariyanto Dituntut 1,5 Tahun Penjara Atas Kasus Penyelundupan Ratusan Anjing ke Jawa Tengah

- 17 Mei 2024, 11:17 WIB
Donal Hariyanto Dituntut 1,5 Tahun Penjara Atas Kasus Penyelundupan Ratusan Anjing ke Jawa Tengah
Donal Hariyanto Dituntut 1,5 Tahun Penjara Atas Kasus Penyelundupan Ratusan Anjing ke Jawa Tengah /

SINARJATENG - Jaksa Penuntut Umum (JPU) menuntut Donal Hariyanto, pelaku penyeludupan ratusan anjing dari Jawa Barat ke Jawa Tengah, dengan pidana 1,5 tahun penjara dan denda Rp250 juta.

Tuntutan ini dibacakan dalam persidangan di Pengadilan Negeri Semarang pada hari Kamis 16 Mei.

Donal Hariyanto didakwa melanggar Pasal 89 ayat 2 Undang-Undang Nomor 41 Tahun 2014 tentang Peternakan dan Kesehatan Hewan karena memasukkan hewan ke wilayah bebas penyakit hewan dari wilayah tertular atau terduga tertular tanpa dokumen yang sah.

Baca Juga: Jadwal Lokasi Layanan Samsat Keliling Surakarta, Hari Ini Jumat 17 Mei 2024: Berikut Ini Lokasinya

Selain Donal Hariyanto, empat pelaku lain yang merupakan awak truk pengangkut anjing tersebut juga dituntut dengan hukuman satu tahun penjara.

Penangkapan truk pengangkut anjing ilegal ini terjadi pada tanggal 6 Januari 2024 di gerbang tol Kalikangkung Semarang. Saat itu, truk tersebut membawa ratusan anjing dari Jawa Barat dengan tujuan beberapa daerah di Jawa Tengah.

Kasus ini menjadi sorotan publik karena menimbulkan kekhawatiran akan penyebaran penyakit hewan dan juga kondisi memprihatinkan anjing-anjing yang diselundupkan.

Baca Juga: Jadwal Lokasi Layanan Samsat Keliling Pemalang, Hari Ini Jumat 17 Mei 2024: Buka di Tiga Lokasi Ini

Hingga saat ini, para terdakwa masih memiliki kesempatan untuk menyampaikan pembelaan pada sidang selanjutnya. Hakim Ketua Judi Prasetya memberikan waktu kepada mereka untuk mempersiapkan pembelaannya.***

 

Editor: Eko Wahyu


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah