Mengenal Makanan Khas Jawa Tengah, Salah Satunya Garang Asem

- 21 Januari 2023, 17:42 WIB
Mengenal Makanan Khas Jawa Tengah, Salah Satunya Garang Asem
Mengenal Makanan Khas Jawa Tengah, Salah Satunya Garang Asem /YouTube tri pujis

SINARJATENG.COM – Indonesia kaya akan keragaman budaya, mulai dari bahasa, rumah adat, tradisi, lagu daerah, sampai keragaman makanan khas. Di setiap daerah memiliki ciri khas masing-masing terhadap selera dan tekstur rasanya. Salah satunya di daerah Jawa Tengah banyak sekali makanan khas yang juga bisa dijadikan makanan favorit keluarga.

Berikut beberapa makanan khas Jawa Tengah yang bisa kita jadikan rekomendasi makanan favorit keluarga

1. Garang Asem
Garang Asem adalah masakan olahan berbahan dasar ayam yang dimasak dengan menggunakan daun pisang dengan dominasi rasa asam dan pedas. Makanan khas ini biasa dijumpai di kudus, demak, pati dan Semarang

Baca Juga: 10 Makanan Wajib Khas Imlek Yang Dipercaya Membawa Hoki, Salah Satunya Kue Keranjang


2. Lumpia Semarang
Lumpia Semarang merupakan salah satu makanan khas dari Semarang. Makanan ini sering dijumpai di pusat oleh-oleh, sehingga makanan ini bisa menjadi salah satu makanan rekomendasi oleh-oleh keluarga jika berkunjung di Semarang. bahan dasar lumpia semarang yaitu rebung yang dipadukan dengan telur ayam, daging ayam atau juga bisa juga udang


3. Tahu Gimbal
Tahu gimbal berbahan dasar tahu, rajangan kol mentah, lontong, taoge, telur dan gimbal, dengan perpaduan bumbu kacang yang khas.


4. Mie Ongklok
Makanan khas Wonosobo ini juga banyak dikenal, berbahan dasar mie kuning yang dipadukan dengan potongan kol, daun kucai dan kuah kental yang dibuat dari kanji.

Baca Juga: TERBARU! 15 Link Twibbon Tahun Baru Imlek 2023, Cocok Dibagikan ke Akun Media Sosial


5. Tempe Mendoan
Tempe mendoan adalah salah satu makanan cemilan yang banyak digemarin banyak orang. dengan bahan dasar tempe, tepung terigu dan daun bawang sebagai campuran adonan tepung. Jenis cemilan ini selalu menjadi menu favorit keluarga.

Halaman:

Editor: Miftah Rizzi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah